Amalan Do'a untuk Melunasi Hutang dan Mencukupkan Kebutuhan Hidup

Amalan Do'a untuk Melunasi Hutang dan Mencukupkan Kebutuhan Hidup | Saat seseorang terlilit hutang ataupun mempunyai tanggungan yang ia merasa tidak mempunyai cukup bekal untuk keperluan tersebut maka ia bisa mengamalkan do'a yang bersumber dari Hadist Nabi Muhammad SAW, yang dibaca sebelum ia tidur.

Do'a Bayar Hutang


Seperti diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah ia berbaring pada sisi kanannya lalu mengucapkan :

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.


ARTINYA: 


“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, 

Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. 

Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, 

Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). 

Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). 

Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. 

Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. 

Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. 

Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. 

Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)


Imam Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa maksud Hutang dalam hadits tersebut adalah kewajiban pada Allah Ta’ala dan kewajiban terhadap hamba seluruhnya, intinya mencakup segala macam kewajiban.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 33)

Dalam syarah Hadist tersebut juga diajarkan bagaimana adab seorang Muslim ketika akan Tidur, yaitu berbaring dengan menghadap ke arah Kanan.


Adapun Semua kita pastilah tidak akan terlepas dengan kebutuhan hidup, maka dengan mengamalkan bacaan Do'a diatas, InshAllah kita berharap ALLAH SWT akan menjaga dan mencukupkan segala kebutuhan dan hajat kita. Aamien.

0 Response to "Amalan Do'a untuk Melunasi Hutang dan Mencukupkan Kebutuhan Hidup"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel