Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab dan Terjemahan

Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab dan Terjemahan | Salah satu jalan berbakti kepada orang tua dengan mendoakan orang tua agar diampunkan dosa kedua orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua perkara yang wajib dilakukan oleh seorang anak.

Kedua orang tua merupakan orang yang paling berjasa bagi kita. Kedua Orang tualah yang mengurus dan merawat kita dari sejak dalam kandungan hingga hingga kita jadi orang dewasa.
Doa Untuk Kedua Orang Tua
Doa Untuk Kedua Orang Tua
Cinta kedua orang tua kepada kita sebagai anak tidak pernah putus. Kedua orang tua selalu mengkhawatirkan keadaan kita walaupun kita sudah dewasa.

Cinta orang tua kepada anak selalu tulus dan ikhlas. Cinta dan kasih sayang serta pengorbanan yang dilakukan oleh orang tua tidak pernah meminta balasan dari anaknya.

Oleh karena itu kita sebagai anak wajib berbakti kepada kedua orang tua. Berbuat baik kepada kedua orang tua dan selalu mendoakan kedua orang tua agar di ampunkan dosa kedua orang tua kita.

Mendoakan kedua orang tua kita agar selamat iman di dunia dan di akhirat, Mendoakan kedua orang tua kita diberikan keselamatan dan selalu dalam lindungan taufik dan hidayah Allah.

Setiap selesai shalat fardhu yang kita kerjakan sehari lima kali hendanya kita selalu membacakan doa untuk kedua orang tua.

Dan pada setiap saat ada kesempatan untuk berdoa hendaknya berdoa kepada kedua orang tua apalagi pada waktu-waktu mustajabah.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Mohon Ampun Dosa


اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil"


Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua Beserta Kaum Saudara Muslimin


اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."


Doa Untuk Orang Tua Sedang Sakit Parah


Doa ini biasanya dibaca ketika berkunjung kepada orang sakit. Ketika orang tua sedang sakit parah hendaknya juga membaca doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” 


Penggalan Kisah Uwais Al-Qarni Dengan Ibunya


Pada suatu ketika Uwais Al-Qarni memenuhi permintaan ibunya untuk berhaji.

Uwais membawa  ibunya berhajdi dengan cara memangku ibunya dengan kedua tangannya dari Yaman ke Makkah, mengerjakan Tawaf, Saie dan di Padang Arafah dengan hati yang senang.

Dan dia juga memangku ibunya dengan kedua tangannya pulang kembali ke Yaman dari Makkah.

Setelah pulang ke Yaman, ibunya bertanya: “Uwais, apa yang kamu doakan sepanjang kamu berada di Mekah?

Uwais menjawab: “Saya berdoa minta supaya Allah SWT mengampunkan semua dosa-dosa ibu.

Ibunya bertanya lagi: “Bagaimana pula dengan dosa kamu?

Uwais menjawab: “Dengan terampun dosa ibu, ibu akan masuk syurga. Cukuplah ibu redha dengan saya, maka saya juga masuk syurga.

Ibunya berkata lagi: “Ibu inginkan supaya engkau berdoa agar Allah SWT hilangkan sakit putih (sopak) kamu ini.

Uwais berkata: “Saya keberatan untuk berdoa kerana ini Allah yang jadikan. Kalau tidak redha dengan kejadian Allah, macam saya tidak bersyukur dengan Allah Ta’ala.

Ibunya menambah: “Kalau ingin masuk ke syurga, mesti taat kepada perintah ibu. Ibu perintahkan engkau berdoa.

Akhirnya Uwais tidak ada pilihan melainkan mengangkat tangan dan berdoa. Uwais lalu berdoa seperti yang diminta oleh ibunya supaya Allah SWT menyembuhkan tompok putih yang luar biasa (sopak) yang dihidapinya itu.

Namun kerana beliau takut masih ada dosa pada dirinya, beliau berdoa: “Tolonglah ya Allah! Kerana ibuku, aku berdoa hilangkan yang tompok putih pada badanku ini melainkan tinggalkanlah sedikit.

Maka, Allah SWT segera memakbulkan doanya dan menghilangkan penyakit sopak di seluruh badannya kecuali meninggalkan setompok sebesar duit syiling di tengkuknya.

Tanda tompok putih kekal pada Uwais karena permintaannya, karena ini (sopak) adalah anugerah Dan tanda itulah yang disebutkan oleh Rasulullah ﷺ kepada Saidina Umar al-Khattab dan Saidina Ali untuk mengenali Uwais al-Qarni.

Cara berbakti kepada orang tua

  • Bersikap sopan santun dan hormat kepada kedua orang tua dalam berbagai kondisi dan kesempatan.
  • Wajib mematuhi perintah kedua orang tua selama tidak melanggar dengan syariat,
  • Tidak berkata kasar, dan bersuara keras kepada kedua orang tua
  • Wajib mengikuti nasihat kedua orang tua. Apabila kedua orang tua menegur, kita sebagai anak harus sadar bahwa perbuatan yang kita lakukan tidak diridhai oleh orang tua.
  • Membantu pekerjaan dan kegiatan mereka sehari-hari.
  • Menjaga nama baik kedua orang tua dengan cara selalu berbuat baik dengan sesama.
  • Wajib menjaga dan mengurus kebutuhan keduanya, apalagi kalau orang tua kita sudah tua dan renta.

Apabila orang tua kita sudah meninggal dunia, yang harus kita lakukan adalah.

  • Melaksanakan nasihat keduanya yang diberikan pada waktu masih hidup
  • Menjaga nama baik kedua orang tua
  • Mendoakan mereka agar diampuni dosanya dan dilapangkan kuburnya oleh Allah Swt.
  • Bersedekah atas nama orang tua dengan mengharap rahmat Allah agar dilimpahkan kepada orang tua

Cara berbuat baik atau berbakti kepada kedua orang tua yang admin sebutkan diatas sangatlah sedikit. 

Oleh karena itu setiap informasi yang admin sampaikan di doamulismin.com ini hanya sebagai informasi saja. 

Agar sahih keilmuan wajib berguru secara langsung kepada alim ulama yang merupakan ahli dalam agama.

Demikian saja yang dapat admin sampaikan pada artikel ini dengan judul Doa-Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab dan Terjemahan.

Jika ada kesalahan dalam penyampaian dan kesalahan dalam penulisan kalimat arab mohon dapat di sampaikan pada kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ya.!!

Jika artikel ini dengan judul Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab dan Terjemahan dirasakan sebagai informasi yang berguna dan bermanfaat untuk ummat mohon dapat di share ke teman-teman lain melalui media sosial.

0 Response to "Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab dan Terjemahan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel