Doa Malam Lailatul Qadar dan Waktu Serta Tandanya

Doa Malam Lailatul Qadar | Siapa ne yang belum tau tentang Malam Lailatul Qadar.?!! Pasti semua sudah tahu kelebihan Malam Lailatul Qadar. Namun demikian admin akan mencoba mengulasnya kembali agar menjadi pengingat bagi kita semua akan kelebihan hikmah Malam Lailatul Qadar, tanda tanda datangnya malam lailatul qadar dan lainnya yang berkenaan tentang keistimewaan Malam Lailatul Qadar.

Disebut Lailatul Qadar karena pada malam tersebut Allah ta'ala mendhahirkan semua kadar yang ada pada azali, baik itu kadar rizki, kadar ajal, sakit, bala, musibah, hujan, angin dan segala sesuatu yang lainnya hingga tahun depan.

Tanda Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar hanya terjadi satu tahun sekali dan berada pada bulan Ramadhan. Malam Lailatul Qadar merupakan malam kemulian yang lebih baik dari seribu bulan.

Sebelum kita membahas tentang doa dan amalan malam lailatul qadar ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang keutamaan malam lailatul qadar dan dalilnya.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar dan dalilnya


Ada banyak hikmah dan kelebihan Malam Lailatul Qadar. Malam yang yang istimewa melakukan berbagai macam ibadah.

1. Malam yang lebih baik dari seribu bulan

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, Jika kita hitung berdasarkan tahun maka sama dengan 83 tahun 3 bulan.

Pada Malam Lailatul Qadar ibadah yang dilakukan sama dengan ibadah seribu bulan. Jika kita mendapati Malam Lailatul Qadar sedang melakukan ibadah ini tentu akan sangat istimewa.

Berkata `Ali dan `urwah : Nabi menyebutkan empat orang dari kalangan bani Israil, mereka beribadah kepada Allah selama delapan puluh tahun dan tidak berbuat maksiat kepada sekejap matapun. 

Mereka adalah Nabi Ayyub, Nabi Zakaria, Khirqil bin al-Ajuz, dan Yusya` bin Nun, mendengar hal tersebut para shahabat merasa takjub. 

Maka datanglah Malaikat Jibril dan berkata : Ya Muhammad, umatmu merasa kagum atas ibadah mereka selama 80 tahun yang tidak berbuat maksiat kepada Allah sekejab matapun. 

Maka sungguh telah Allah turunkan atas engkau sesuatu yang lebih baik dari itu. Kemudian malaikat Jibril membaca surat al-Qadar. Maka senanglah Rasulullah SAW.

2. Turun malaikat kebumi

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيْهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

Pada Malam Lailatul Qadar para malaikat turun ke bumi. Hal ini ada pendapat disebabkan karena malaikat pernah mempertanyakan penciptaan manusia kepada Allah.

Dan ketika itu malaikat menyatakan bahwa manusia akan menumpahkan darah dimuka bumi. Namun Allah ta'ala Maha Mengetahui, Pada kenyataannya yang terjadi pada ciptaan Allah sebalik dari yang yang diketahui malaikat. 

Maka para malaikat turun ke bumi untuk memberi salam dan memohon maaf serta memohon keampunan Allah untuk manusia yang lalai.

Pada Malam Lailatul Qadar semua pepohonan akan sudut kepada Allah. Namun tentu caranya berbeda dengan yang dilakukan oleh manusia. Seperti segala penciptaan Allah seperti burung dan lainnya selalu bertasbih kepada Allah, Namun cara mereka bertasbih tidaklah seperti manusia.

3. Kesejahtraan(salam) hingga fajar

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Asy-Sya`by menyebutkan: salam tersebut merupakan salam malaikat kepada ahli masjid dari semenjak terbenam matahari hingga terbit fajar kembali.

Pendapat lain juga menyebutkan bahwa lailatul qadar merupakan malam keselamatan karena pada malam tersebut syaithan tidak dapat berbuat keburukan.

Kapan Datangnya Lailatul Qadar
Mengenai malam dan waktu terjadi Malam Lailatul Qadar hanya Allah yang tahu. Dalam hal ini para ulama terjadi perbedaan pendapat.

Ada yang berpendapat malam Lailatul Qadar juga terjadi diluar bulan ramadhan, hanya saja sering terjadi pada malam ramadhan.

Sebagian pendapat ulama mengatakan bahwa malam lailatul qadar terjadi pada malam yang sama setiap tahunnya.
Pendapat ulama lainya tentang malam lailatul qadar terjadi terutama pada malam ganjil dalam 10 terakhir ramadhan yaitu diantara malam 21 hingga akhir ramadhan.

Menurut pendapat lainnya malam lailatul qadar terjadi pada malam 23, dan juga ada pendapat yang menyatakan malam lailatul qadar terjadi pada malam 27

Pendapat malam lailatul qadar terjadi pada malam 27 dikuatkan oleh beberapa kalangan ulama dengan dalil bahwa jumlah kalimat yang terdapat dalam surat Al-Qadar berjumlah 30 yang merupakan kesamaan dengan jumlah hari dalam sebulan, dan kalimat هي yang menunjukkan dhamir berad pada urutan 27. Jumlah kalimat lailatul qadar sebanyak 9 serta kalimat lailatul qadar disebut dalam surat Al-Qadar sebanyak 3 kali maka jika 9 dikaikan dengan 3 hasilnya 27.

Menurut pendapat tentang terjadinya malam lain lailatul qadar dapat diketahui dengan melihat awal malam bulan Ramadhan. Ketentuan tersebut yaitu:
  • Apabila awal Ramadhan pada hari ahad atau rabu maka malam lailatul qadar jatuh pada malam 29. 
  • Apabila awal Ramadhan pada hari senin maka malam lailatul qadar jatuh pada malam 21 
  • Apabila awal Ramadhan pada hari selasa atau jum`at maka malam lailatul qadar jatuh pada malam 27 
  • Apabila awal Ramadhan pada hari kamis maka malam lailatul qadar jatuh pada malam 25 
  • Apabila awal Ramadhan pada hari sabtu maka malam lailatul qadar jatuh pada malam 23 
Menurut Syeikh Abu Hasan mengatakan bahwa sejak beliau baligh tidak pernah ketinggalan malam lailatul qadar berdasarkan ketentuan diatas.

Menurut pendapat lain yang ada :
  • Apabila awal Ramadhan pada hari jum`at dan senin maka malam lailatul qadar jatuh pada malam 29. 
  • Apabila awal Ramadhan pada hari sabtu dan kamis maka lailatul qadar jatuh pada malam 21 
  • Apabila awal Ramadhan pada hari ahad dan rabu maka lailatul qadar jatuh pada malam 27 
  • Apabila awal Ramadhan pada hari selasa maka lailatul qadar jatuh pada malam 25 
Jadi dapat disimpulkan bahwa waktu malam lailatul qadar tidak dapat dipastikan. Hanya saja kita sebagai hambanya senantiasa beribadah kepada Allah.

Malam lailatul qadar yang penuh hikmah ini merupakan rahasia Allah dan di tunjukkan hanya kepada orang-orang tertentu yang di kehendakinya.

Oleh karena itu selama bulan puasa hendaknya kita selalu menjaga dalam berbuat taat kepada Allah. Penuhi setiap malam ramadhan dengan ibadah sehingga kita menjadi pilihan yang dibukakan rahasia malam lailatul qadar.

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar berbeda dengan malam-malam biasa pada bulan ramadhan. Malam lailatul qadar memiliki suasana yang tampak terang, hening, tenang, tidak ada suara yang riuh seperti anjing yang menggonggong.

Suasana malam lailatul qadar tidak telalu panas dan tidak pula terlalu dingin. Pada keesokan harinya matahari bersinar dengan lembut terlihat putih seperti tampa sinar.

Amalan pada lailatul qadar

Dalam lailatul qadar sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal, sekurang-kurangnya adalah berjamaah shalat isya dan shubuh. Dalam satu hadits Rasulullah bersabda:

من صلى المغرب والعشاء في جماعة حتى ينقضي شهر رمضان فقد أخذ من ليلة القدر بحظ وافر

Barang siapa shalat maghrib dan Isya secara berjamaah sehingga habis bulan Ramadhan maka sungguh ia telah mendapat bagian yang banyak dari lailatul qadar”(H.R. Imam Baihaqy)

Bagi kalangan yang tidak mampu untuk beribadah sepanjang malam hendaknya memperbanyak membaca zikir dan ayat al-quran yang mengandung nilai lebih seperti ayat kursi, akhir surat al-Baqarah, surat al-Zalzalah, al-Kafirun, surat al-Ikhlash, surat Yasin karena semua ayat-tersebut memiliki fadhilah yang besar sebagaimana tersebut dalam beberapa hadits.

Selain itu juga dianjurkan memperbanyak membaca istighfar, tasbih, tahmid, tahlil, shalawat kepada Nabi SAW, dan berdoa untuk diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal.(13)

Disebutkan sebagian ulama : Barang siapa shalat pada malam lailatul qadar shalat sunat empat rakaat, setelah fatihah membaca surat at-Takatsur dan surat al-ikhlash 3 kali maka akan dimudahkan baginya sakratul maut, dan dihilangkan kan azab kubur dan diberikan empat tiang dari nur yang masing-masing diatasnya ada seribu malaikat.(14)

Dalam satu hadits Rasulullah ditanyakan oleh Siti Aisyah:

يا رسول الله إن وافقت ليلة القدر فما أقول ؟

قال :  قولي اللهم إِنَّكَ عَفْوٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُوا عَنِّي

Ya Rasulullah jika aku mengetahui lailatul qadar maka apa yang aku baca? Rasulullah menjawab: katakanlah : Ya Allah, sesungguhnya engkau maha pemaaf, Engkau mencintai memaafkan maka maafkanlah dosa kami.

Demikian yang dapat admin sampaikan pada artikel dengan judul Doa Malam Lailatul Qadar dan Waktu Serta Tandanya.

Semoga menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi tentang Doa Malam Lailatul Qadar dan Waktu Serta Tandanya.

Jika artikel ini dirasakan bermanfaat mohon dapat dishare ke teman-teman lainnya agar mereka juga mengetahui tentang Doa Malam Lailatul Qadar dan Waktu Serta Tandanya.


0 Response to "Doa Malam Lailatul Qadar dan Waktu Serta Tandanya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel