Doa Makan Lengkap Dengan Adab Makan

Doa Makan Lengkap Dengan Adab Makan | Doa makan yang dimaksud disini merupakan doa sebelum makan dan doa sesudah makan. Pastinya sudah semua hafal doa sebelum makan dan doa sesudah makan.

Doa sebelum makan dan doa sesudah makan merupakan doa yang umum diajarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya ketika ujia masih dini. 
Doa Makan
Doa Makan Ilustrasi
Mungkin yang lagi baca artikel Doa Makan Lengkap Dengan Adab Makan juga pernah mengalami hal tersebut ketika kecil sering di ingatkan oleh orang tua ketika makan untuk membacakan doa makan terlebih dahulu.

Doa sebelum makan dan doa sesudah makan ini merupakan doa sehari-hari yang sepatutnya dibiasakan pada usia dini. 

Diantara doa sehari-hari yang harus dibiasakan pada anak-anak yaitu doa sebelum tidur dan doa bangun tidur, doa sebelum mandi dan sesudah mandi, doa masuk Wc dan doa keluar Wc dan banyak lainnya.

Dengan membiasakan anak pada usia dini membaca doa sebelum dan doa sesudah makan akan lebih efektif untuk menanamkan menjadi sebuah akhlak yang akan dilakukan hingga besar nanti.

Doa Sebelum Makan 


اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka"

Doa Sesudah Makan



اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam"

Doa sebelum makan dan doa sesudah makan sudah diajarkan pada lembaga pendidikan Pada tingkat pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kita sebagai orang tua juga harus mengajarkannya dirumah agar anak dapat dengan cepat menghafal doa sebelum makan dan doa sesudah makan. Karena pendidikan anak merupakan tanggung jawab kita sepenuhnya sebagai orang tua.

Cara Mengajarkan Doa Sebelum Makan Dan Doa Sesudah makan Pada Anak

Ada banyak metode untuk memberikan hafalan dengan cara cepat pada anak. Namun ada beberapa hafalan seperti doa sebelum makan dan doa sesudah makan dapat diterapkan ketika kita sebagai orang tua lagi makan bersama dengan anak-anak.

Hendaknya kita mengajak anak-anak untuk berdoa sebelum makan dan berdoa sesudah makan secara langsung.

Anak-anak akan lebih gampang menangkap melalui pendengaran yang secara rutin dibacakan. Apalagi jika orang tua  mau membacakannya dengan suara yang dapat di dengarkan oleh anak-anak. Akan lebih baik lagi jika dibaca secara bersama-sama ketika sebelum makan dan sesudah makan.

Adab Makan

  • Mencuci tangan dan berkumur-kumur
  • Membaca Basmalah dan doa sebelum makan 
  • Mengambil makanan yang terdekat
  • Menggunakan tangan kanan saat makan dan minum
  • Tidak mengembus makanan dengan nafas, Bila masih panas cukup diamkan sebentar
  • Tidak sambil berdiri atau berjalan tetapi dengan duduk yang sopan
  • Makan dengan kadar yang cukup dan tidak makan secara berlebihan
  • Tidak berbicara saat makan dan minum
  • Tidak mencaci makanan bila dirasakan kurang enak
  • Membaca hamdallah dan doa setelah makan.
Sebenarnya adab-adab ketika makan sangatlah banyak, Admin hanya dapat menyebutkan disini beberapa saja.

Mungkin pada artikel lain admin akan mencoba menguraikannya lebih mendetail.

Makanan Yang Haram Untuk di Makan


Manusia butuh makan untuk memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan tubuh. Makanan merupakan sumber energi untuk manusia.

Tanpa makanan manusia akan kekurangan energi, membuat tubuh lemas, dan tidak dapat melakukan aktivitas apapun. 

Namun demikian makanan yang di konsumsi harus di pilih sesuai dengan syariat. Tidak semua makanan baik untuk tubuh. 

Sehingga Islam menghalalkan makanan yang baik untuk tubuh manusia dan mengharamkan makanan yang tidak baik untuk tubuh manusia.

Makanan yang halal berpengaruh baik terhadap tubuh, baik tubuh jasmani maupun tubuh rohani. 

Makanan yang haram juga berpengaruh pada tubuh.  Pengaruh yang di dapatkan dari mengkonsumsi makanan yang haram adalah pengaruh buruk terhadap tubuh jasmani dan tubuh rohani.

Sumber makanan yang di konsumsi harus diperhatikan ketentuan-ketentuan hukum yang telah di tetapkan dalam Islam.

Adapun Makanan Yang Haram di Konsumsi Sebagai Berikut :

  • Bangkai
Islam melarang ummatnya untuk mengkonsumsi bangkai. Apa itu bangkai ? Bangkai menurut bahasa Arab disebut Al Mayyitah, yaitu yang mati tanpa disembelih.

Sedangkan menurut pengertian para ulama syari’at, bangkai (Al Mayyitah) adalah hewan yang mati tanpa disembelih. Bangkai itu hewan yang mati sendiri tanpa sebab campur tangan manusia. 

Terkadang hewan mati dengan sebab perbuatan manusia, jika dilakukan tidak sesuai dengan cara penyembelihan yang ditentukan dalam syariat islam, maka haram di konsumsi.

Walaupun demikian ada dua jenis bangkai yang halal di makan tanpa perlu di sembelih yaitu ikan dan belalang.

  • Darah
Pada jaman jahiliyyah dulu darah di konsumsi oleh masyarakat. Darah hasil penyembelihan hewan di tampung selanjutnya di olah untuk dijadikan makanan. Islam mengharamkan minum dan makan darah walau hasil olahan. 

Setelah jaman semakin maju banyak ilmuan yang melakukan penelitian kandungan darah. Sehingga di temukan zat Urid Acid (Asam Urat) yang terkandung dalam darah sangat tinggi. Zat Uri Acid dapat membahayakan tubuh.

  • Babi dan Anjing
Babi dan anjing haram di konsumsi oleh ummat Islam. Walaupun hasil pengolahan yang sudah dihilangkan hal-hal yang berbahaya bagi tubuh. Diharapkan juga jika ada peranakan diatara babi dan anjing

Babi merupakan binatang yang terburuk perangainya. Binatang yang rakus yang dapat memakan segala jenis makanan yang ada di depannya.

Babi dapat memakan kotoran, sampah yang telah membusuk dan bau. Babi mengencingi kotorannya sendiri lalu di makannya kembali. Setelah perut kenyang isi perutnya di muntahkan dan kemudian dimakannya lagi muntah tersebut.

Babi memiliki kebiasaan seksual yang buruk. Babi melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis.

Pada babi terdapat banyak penyakit seperti cacing pita, cacing trachenea lolipia, flu babi dan banyak lainnya sehingga babi sering disebut inang penyakit.
  • Khamr
Khamr adalah segala sesuatau yang dapat memabukkan. Diantara minuman yang memabukkan seperti alkohol, tuak, narkoba, dan lainnya yang memabukkan.

Bahaya Khamr dapat menghilangkan akal sementara waktu dan dapat menghilangkan akal sepanjang masa pada orang-orang sudah candu terhadap narkoba. Khamr merupakan sumber kejahatan, Khamr sering disebut ibu kejahatan.

  • Hewan Buas Yang Bertaring

Pasti tau dong hewan yang bertaring.? diantara hewan yang bertaring yaitu harimau, singai, kucing, serigala, dan banyak lainnya hewan yang memiliki taring. 

Hewan yang memilki taring baik hewan tersebut buas ataupun jinak haram dikonsumsi. Hewan bertaring biasanya menggunakan taringnya untuk mengigit mangsa, mengoyak makanan.
  • Burung Yang Memiliki Cakar
Burung yang memiliki cakar seperti elang dan burung rajawali dan jenis burung lainya. Burung yang memiliki cakar biasanya menggunakan cakarnya untuk menerkam mangsa atau makanannya.

Demikian yang dapat admin share pada artikel dengan judul Doa Makan Lengkap Dengan Adab Makan.

Semoga memberikan manfaat untuk pengujung yang sedang mencari informasi tentang Doa Sebelum Makan Dan Doa Sesudah Makan Serta Adab Makan.

Jangan lupa memberikan komentar pada kolom komentar dengan bijaksana dan bagikan ke media sosial artikel ini jika dirasakan bermanfaat bagi ummat.

0 Response to "Doa Makan Lengkap Dengan Adab Makan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel