Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah

Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah | Puasa pada bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang wajib dilaksanakan oleh muslim yang beraqil baliqh, berakal dan sehat. Puasa ramadhan merupakan salah satu rukun Islam. 

Puasa Ramadhan dilaksanakan pada bulan Ramadhan berdasarkan tahun Hijriah. Niat puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun dari puasa Ramadhan.

Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah

Setelah niat puasa ramadhan,  rukun puasa ramadhan lainnya yaitu menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. 

Pada kesempatan ini admin hanya akan mencoba menyajikan artikel hanya terkait Niat Puasa Ramadhan Yang Benar dan Sah saja.

Untuk syarat puasa ramadhan, rukun puasa ramadhan, hal-hal yang membatalkan puasa ramadhan serta hal-hal yang membatalkan pahala puasa ramadhan akan admin sajikan pada artikel lain.

Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللّٰهِ تَعَالَى

Artinya :
"Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."



Perlu diketahui bahwa niat itu di dalam hati, bukan melafadhkan dengan suara.

Jadi bila seseorang hanya melafadhkan bacaan niat puasa Ramadhan saja dengan lidahnya bacaan niat puasa tanpa di niatkan di hati maka tidaklah sah.

Namun jika seseorang hanya meniatkan puasa ramadhan di dalam hati tanpa melafadhkan bacaan niat puasa ramadhan dengan suara maka niatnya sah.

Hal ini perlu diperhatikan karena sering orang tua mengajarkan anak-anaknya hanya melafadhkan secara lisan tanpa memberitahukan niatnya dalam hati.

Adapun waktu atau masa melakukan niat puasa ramadhan itu sejak matahari terbenam yaitu malam hingga sebelum fajar pada bulan ramadhan.

Jika seseorang melakukan niat puasa ramadhan pada siang hari maka niat puasa ramadhannya itu tidak berlaku atau niat puasa ramadhan tidak sah.

Jika seseorang melakukan niat puasa Ramadhan sesudah fajar maka tidak sah niatnya itu.

Jadi kita harus hati-hati dan harus ingat cara niat puasa itu di dalam hati dan waktu niat puasa ramdhan itu pada malam hari.

Penjabaran yang admin tuliskan ini hanya sebagai bentuk informasi saja. Bagi antum yang sudah membaca artikel Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah sangat diharapkan untuk dapat mempelajarinya secara langsung pada yang ahli agama yaitu kyai ataupun ustaz.

Karena untuk mengamalkan ibadah diwajibkan bagi kita untuk menuntut ilmu pada guru, bukan hanya googling dapat info selanjutnya mengamalkannya.

Dengan berguru kepada kyai dan ustaz tentang Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah maka akan membuat amalan ibadah antum sempurna dan akan dapat dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Demikian yang dapat admin sajikan pada artikel dengan judul Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah.

Semoga menjadi informasi yang baik dan berguna bagi antum-antum yang membaca. Jika artikel Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah dirasakan bermanfaat mohon dapat disebar di media sosial agar saudara kita yang seiman juga tahu akan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah

Sampaikan komentar, pertanyaan pada kolom komentar dengan bijaksana.

0 Response to "Niat Puasa Ramadhan Lengkap Yang Benar dan Sah"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel